3 Gerbang Logika Dasar Pemrograman Digital (AND, OR, NOT)

Logic-Value

Gerbang logika adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.
(wikipedia)

Penjelasan singkatnya, gerbang logika merupakan kombinasi satu atau beberapa input menjadi sebuah keluaran (output) yang bernilai "BENAR" atau "SALAH". Dalam hal ini nilai tersebut diwakili oleh bilangan 1 dan 0, atau lebih sering dikenal dengan sistem bilangan Biner. Sebenarnya hanya terdapat 3 gerbang logika dasar yang biasa digunakan dalam pemrograman komputer atau mikro kontroler yaitu : AND Gate, OR Gate & NOT Gate.


Berikut adalah penjelasan dari ke tiga gerbang logika dasar tersebut.

  • AND Gate
Sesuai dengan namanya, AND Gate akan berlogika 1 jika kedua inputnya bernilai 1 (satu) dan akan berlogika 0 jika salah satu atau kedua inputnya bernilai 0 (nol). AND Gate dapat di ibaratkan dua buah saklar yang di pasang secara seri kemudian dirangkai secara seri lagi dengan lampu yang disklar. Berikut adalah simbol dan tabel kebenaran AND Gate.

Gerbang-logika-AND-Gate
Simbol Gerbang Logika AND Gate


Tabel-Logika-AND-Gate
Tabel kebenaran AND Gate
  • OR Gate
Gerbang OR dapat diartikan "ATAU", sehingga OR gate akan berlogika 1 jika salah satu atau kedua inputnya berlogika 1 (satu) dan akan berlogika 0 jika kedua inputnya berlogika 0 (nol). OR Gate dapat di ibaratkan dua buah saklar yang di pasang paralel kemudian dirangkai secara seri dengan lampu yang disklar. Berikut adalah simbol dan tabel kebenaran OR Gate.

Gerbang-logika-OR-Gate
Simbol Gerbang Logika OR Gate

tabel-Logika-OR-Gate
Tabel kebenaran OR Gate
  • NOT Gate
Gerbang NOT memiliki fungsi sebagai pembalik Logika (Logic Inverter), yaitu NOT Gate akan berlogika 1 jika diberi input 0 (nol) dan akan berlogika 0 jika inputnya 1 (satu). NOT Gate dapat di ibaratkan sebuah saklar yang dipasang paralel dengan lampu yang disaklar. Sehingga ketika saklar menutup (kondisi On) maka lampu justru akan mati karena antara (+) dan (-) lampu terhubung. Berikut adalah simbol dan tabel kebenaran NOT Gate.

Gerbang-Logika-NOT-Gate
Simbol Gerbang Logika NOT Gate

Tabel-Logika-NOT-Gate
Tabel kebenaran NOT Gate

Selain ketiga Gerbang Logika Dasar diatas masih ada lagi gerbang logika yang lain. Gerbang-gerbang itu merupakan kombinasi dari tiga gerbang logika tersebut. Silahkan simak gerbang logika kembangan dari tiga gerbang logika dasar diatas pada Pembahasan Selanjutnya.

Terimakasih, Semoga bermanfaat..  :D