Cara Membuat Alat hemat Energi (Joule Thief) Murah

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah alat sederhana yang dapat menghemat energi listrik yang disebut Joule Thief. Mungkin masih banyak yang tidak tau tentang alat hemat inergi ini. Joule Thief adalah alat hemat energi yang sangat mudah sekali dibuat dan tidak memakan biaya yang besar untuk membeli komponenya. Joule Thief bisa dijadikan alternative untuk memanfaatkan energi secara efisien dan ramah lingkungan.



Pemanfaatan Joule Thief biasanya digunakan pada Lampu-lampu hemat energi dan juga pada Carger serta perangkat hemat energi lainya. Pada pembahasan ini kami akan membahas tentang pemanfaatan Joule Thief untuk lampu emergency sederhana. Rangkaian yang digunakan serta komponenya simpel sekali, hanya membutuhkan 6 komponen secara keseluruhan yaitu :
  • Ferit Toroid
  • Kawat email
  • PCB
  • Transistor (2N3904)
  • Resistor (1 KΩ)
  • Lampu (LED)
Cara mendapatkan komponen-komponen tersebut juga tak sulit, anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat atau bila anda memiliki barang elektronik yang sudah rusak anda bisa mendapatkanya dari situ. Pemanfaatan barang elektronik yang sudah bekas pakai dapat menghemat biaya.
Untuk membuatnya silahkan perhatikan skema berikut :


skema-alat-hemat-energi-joule thief

Dari rangkaian tersebut dapat dilihat bahwa sumber tegangan yang dipakai hanya 0.3 hingga 1.5 volt. tegangan tersebut didapat dari baterai yang masih baru atau baterai yang sudah bekas pakai pun masih bisa digunakan. Untuk lilitan yang ada pada Ferit Toroid lilitan yang menyambung dengan R 1 KΩ adalah 20 lilit dan yang menyambung dengan Collector juga 20 lilit. Untuk mendapatkan Ferit Toroid tidak harus membeli ditoko, anda bisa mendapatkanya pada rangkaian lampu jari atau pada carger laptop yang sudah rusak. Bahkan jika anda punya PSU komputer yang rusak anda bisa memanfaatkan Ferit Toroid yang ada didalamnya.

Untuk komponen yang lain kami pikir tidak ada kendala untuk mendapatkanya. Dalam percobaan yang kami lakukan, Rangkaian Joule Thief buatan kami bisa menghidupkan 4 Rangkaian LED 12 Volt hanya menggunakan sebuah baterai ukuran AAA dan mampu bertahan 2 hari Nonstop. Batreai yang kami gunakan adalah baterai bekas jam dinding.

Berikut adalah Rangkaian Joule Thief yang kami buat :

rangkaian-joule-thief
Rangkaian Joule Thief

joule-thief-dengan-led-12v
Rangkaian Joule Thief dengan 4 Led 12 V  .1

joule-thief-dengan-4-LED-12V-menyala
Rangkaian Joule Thief dengan 4 Led 12 V  .2
Sekian pembahasan mengenai Alat Hemat Energi Joule Thief, semoga bermanfaat.