Cara Modifikasi Power Amplifier Driver Daya Simetris

Hallo Gaes...!!
Gimana sih Cara Memperbaiki / Modifikasi Power Amplifier Driver Daya Simetrikal. Mungkin ada juga yang bertanya, apa itu driver Daya Simetrikal? Driver Daya Simetrikal itu adalah penggunaan tegangan Positif (+), Negatif (-), dan Ground (0) pada Amplifier, atau sering disebut juga dengan Tegangan Simetris.

BTW, langsung saja ke inti pembahasan. Berikut ini adalah skema power amplifier simetris pada umumnya serta beberapa pembahasan untuk mengatasi masalah yang sering muncul dan cara modifikasinya.

skema power simetris
1. KERUSAKAN DREVER PANAS & FENEL PANAS

R1 dan R2 dirubah nilainya, pilih antara 1K sampai 3K3, semakin kecil nilai Resitornya Fenel akan semakain dingin. Driver TIP 41 42 ( TR1 & TR2 ) juga ikut dingin. Bila dipasang R dengan nilai 4k7 maka semua TR panas mulai Driver sampai Fenel, akibatnya R3 R4 pada gosong karena saking panasnya. Nilai normal adalah 1K5.

2. KERUSAKAN FENEL PANAS

D1, D2, D3, Ukur tegangannya menggunakan Multimeter. Tegangan pada masing-masing dioda tidak lebih dari 1 Volt (semakin kecil semakin baik), apabila fenel rusak/driver rusak maka teganganya mencapai 2 sampai 16 Volt. Usahakan di out speker nol Volt. Apabila semua dioda lepas atau mati, maka venel panas akan sekali (over head). Usahakan D1,D2,D3 jangan sampai putus. Kalau kongslet semua maka suara akan cacat.

3. BIKIN SUARA KERAS MEMBAHANA


Ubah R umpan balik (R5 33k) menjadi 47k, maka suara akan menonjol semua Bas, Trebel, Midel bikin membahana suaranya.

4. BUAT SUARA BAS EMPUK (Gembleger...)

Ubah nilai R6 antara 220 sampai 470, semakin tinggi nilainya basnya semakin empuk. Suara Bas semakin gembleger tapi inputnya menjadi tinggi.normal 330 ohm.

5. BIKIN DAYA BERTAMBAH

Pararel TR fenelnya 2 sampai 8 set. Ubah tegangannya dari 33vac sampai 45v ac. Ubah pula nilai R1 & R2. Usahakan tanpa input dan volume nol, outpou speker tetap nol volt. lalu sentuh semua drever bila terlalu panas perkecil nilai R1 R2, supaya mampu mendriver 8 fenel.

Ok Gaes.., Sampai disini dulu pembahasan kita. Update terus info kalian disini ya...!!
Selamat merubah power terbaik di kelasnya.