Apakah Faktor Distorsi Amplitudo Pada Amplifier?

Faktor distorsi adalah kecacatan pada amplitud sinya output akibat kesalahan dalam pemberian bias transistor
faktor-distorsi-amplitudo

Distorsi amplitudo adalah cacatnya sinyal output dari sebuah penguat karena kesalahan pengaturan bias transistor. Cacat sinyal ini berupa terpotongnya puncak positif atau puncak negatif bahkan keduanya. Sebuah amplifier dikatakan memiliki output sinyal distorsi apabila bentuk sinyal output tidak sama dengan sinyal inputnya.

Faktor yang menyebabkan distorsi audio adalah sebagai berikut:

Kesalahan dalam pemberian tegangan bias Transistor

Syarat agar transistor dapat bekerja adalah dengan diberi tegangan bias. Tegangan bias ini menentukan titik kerja transistor agar dapat menguatkan sinyal input secara maksimal. Supaya penguatan sinyal dapat seimbang antara puncak positif dan negatif, maka titik kerja transitor harus diseting pada kelas A. Kesalahan dalam pemberian tegangan bias akan menggeser titik kerja transistor.
distorsi-amplitudo-pada-gelombang-sinus
Distorsi amplitudo pada sinyal sinus  - take from Google image http://elektronika-dasar.web.id/distorsi-amplitudo-pada-amplifier
Dari gambar diatas, dapat dilihat 2 bentuk distorsi amplitudo pada salah satu puncak sinyal positif atau negatif. Terpotongnya puncak positif karena pemberian tegangan bias terlalu tinggi, sadangkan terpotongnya puncak negatif sinyal karena pemberian tegangan bias terlalu rendah.

Penguatan yang melebihi kemampuan transistor

Inilah yang sebenarnya disebut dengan "Over Drive". Akibat dari penguatan yang berlebihan maka sinyal output akan terpotong pada kedua sisi puncaknya (positif dan negatif). Over Drive disebabkan karena pemberian tegangan catu yang terlalu kecil atau karena level sinyal input yang dikuatkan terlalu besar, sehingga tegangan Output melebihi kapasitas tegangan Catu yang digunakan.
clipping-distorsi-signal
Clipping distortion signal - taken from http://elektronika-dasar.web.id/distorsi-amplitudo-pada-amplifier
Efek yang ditimbulkan dari distorsi amplitudo adalah suara yang didengar menjadi tidak jelas. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan cara mengecek tegangan bias pada transistor final, maupun transistor driver agar sesuai dengan titik kerja maksimalnya. Selain itu jangan memberikan sinyal input dengan level yang terlalu besar, agar penguatan transistor tidak melebhi kemampuanya.

Source : http://elektronika-dasar.web.id/teori-elektronika/distorsi-amplitudo-pada-amplifier