Simple Mini USB Speaker Aktive (Module) for Laptop/PC

mini-usb-speaker-aktive
Mini Usb Speaker Aktive - taken by Kang Aziz
Hai sobat elektronika..!!

Mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas atau membuat laporan didepan Laptop / PC memang menyenagkan ya? Terlebih kalau tugas yang dibuat membutuhkan waktu yang lama. Selain membuat pikiran menjadi rileks dan santai, musik juga dapat meningkatkan mood untuk bekerja. Nah, kali ini saya akan membahas modul speaker aktif mini menggunakan USB untuk laptop atau PC.

Bagi sobat yang memiliki masalah dengan speaker laptop atau PC (built-in) tidak perlu kawatir jika ingin mendengarkan musik kesayanganya. Dengan speaker aktif mini ini kalian bisa memutar musik kesayangan sewaktu mengerjakan tugas atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Speaker aktif yang saya buat ini memiliki desain sangat sederhana dan juga rendah dalam konsumsi daya listrik.

Hemat Daya

Modul seaker aktif dengan IC TDA 2822 ini dapat beroprasi pada tegangan antara 1,8 sampai 15 volt dengan arus maximal 1 ampere. Daya yang dihasilkan juga bervariasi mulai dari 5 mW hingga 2000 mW atau 2 Watt tergantung dari konvigurasi rangkaian (bridge atau stereo), penggunaan tegangan supply, dan juga beban speaker (RL). Informasi lebih detailnya bisa lihat pada data sheet IC TDA 2822.

Pada module yang saya buat ini, konvigurasi rangkaiannya adalah bridge, dengan tegangan kerja USB (+-5 V) dan beban speaker 4 ohm, maka menurut data sheet daya yang dihasilkan (untuk penguatan) adalah sekitar 1000 mW (test pada frekuensi 1 KHz dengan distorsi 10%). Daya 1000 mW ini sudah cukup kuat untuk mengangat speaker 4 ohm 8 inch, dan juga lumayan nyaman didengar untuk ruangan 2 x 3 meter (tanpa gangguan suara lain).

Jika dihitung dengan rumus P = V x I, konsumsi daya yang digunakan module untuk beroprasi adalah sekitar 1,2 Watt. Karena diketahui arus yang keluar dari USB laptop tau PC kurang lebih adalah 0.25 Ampere dan tegangan kurang lebih 5 Volt. Dengan demikian sobat elektronika tidak perlu kawatir kalau baterai laptop akan cepat habis, dengan catatan baterai dalam keadaan normal dan tidak ngedrop.

Desain Ringkas

Modul mini speaker aktif dapat dibuat dengan berbagai ukuran dan model. Untuk yang saya buat ini memiiki dimensi 2,5 cm x 5,5 cm dengan bentuk memanjang. Mungkin sobat bisa membuat dengan dimensi yang lebih di perkecil lagi, hehe.. Ukuran fisik komponen yang semakin kecil membuat semakin ringkas pula modul yang dibuat.
mini-usb-speaker-aktive
Mini USB Speaker Aktive - taken by Kang Aziz
Jika modul akan dipasang ke PC secara buil-in (dimasukan kedalam CPU), untuk pemasangan speaker sendiri jangan terlalu dekat dengan rangkaian motherboard pada PC, karena medan magnet speaker dapat mempengarui kinerja komputer. Akan lebih aman jika speker dipasang terpisah dengan membuatkan box sendiri menggunakan bahan kayu atau yang lain.

Bagi sobat yang menggunakan laptop modul ini dapat dibuat seperti USB Stick yang dihubungkan ke box speaker atau jika sobat memiliki dana lebih, modul ini bisa di integrasikan dengan USB sound card sehingga input suara bisa langsung dari USB dan bukan melalui jack 3,5 mm (head phone jack) yang terletak pada sisi samping laptop.

Skema rangkaian :
skema-rangkaian-usb-mini-speaker-aktive-TDA-2822
Skema rangkaian usb mini speaker aktive TDA 2822 - Kang Aziz
Daftar komponen :

C3 220 uF/16v
C4 100 uF/16v
C5 2,2 uF/16v
C6 100 nF
R1 10 Kohm
R2 4k7 ohm
R3 Pot 10 K
R4 390 0hm
LS 4 ohm (?) inchi {bebas, tapi jangan terlalu besar }
LED1 Green 3 volt
LED2 RED 3 volt
IC1 TDA 2822

Mudah dibuat

Untuk membuatnya, dapat menggunakan teknik sablon yang sebelumnya rangkaian sudah dirancang menggunakan komuter kemudian di print pada kertas photo atau kertas kalkir. Atau dengan teknik kedua, yaitu digambar secara langsung pada PCB dengan menggunakan spidol permanent, lalu di larutkan menggunakan obat pelarut PCB.

Mungkin ini satu hal yang bisa dicatat sobat elektronika, rangkaian mini USB speaker aktif yang saya buat di atas bukanlah sound card. Maksudnya meskipun menggunakan USB, namun modul ini tidak terintegrasi langsung secara digital degan laptop atau PC karena USB hanya digunakan untuk mengambil daya agar modul bisa menyala.

Sehingga jika sobat ingin memutar musik, harus menghubungkan jack input module ke jack headphone pada laptop atau PC. Tetapi jika modul sudah diinterasikan dengan USB Sound card maka tidak perlu lagi menggunakan jack 3.5 mm untuk memasukan inputnya, karena sound card akan membaca langsung data dari PC melalui port USB.
mini-usb-speaker-aktive
Menggunakan jack 3,5 mm sebagai input - taken by Kang Aziz
Kesimpulan

Module speaker aktiv USB ini dapat digunakan sebagai pengganti speaker aktiv portable di meja komputer. Desain yang simpel, hemat daya, dan mudah dibuat merupakan keunggulan modul usb yang berhasil saya buat. Dengan memanfaatkan IC OP-AmpTDA 2822 yang sering dipakai pada pesawat penerima radio membuatnya mudah dicari dan harganya menjadi murah.

Ok, mungkin sampai disni dulu ya. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat elektronika semua. Selamat mencoba!! :D