Cara mudah Modifikasi PC biasa menjadi Gaming PC

Siapa yang tidak mau punya PC atau Laptop dengan spesifikasi Gaming PC? , pastinya anak jaman sekarang sangat ingin sekali mempunyai PC atau laptop dengan spesifikasi seperti itu. Akan tetapi, sebenarnya bagaimana sih PC atau Laptop yang dikatakan memiliki specifikasi ala Gamer?


PC Gaming

Sebagian besar orang mengira kalau PC dengan spesifikasi Gaming itu hanya memiliki Processor yang kuat, Grafik yang bagus dan kapasitas RAM yang besar. Persangkaan seperti itu memang benar tapi tidak hanya sebatas itu, masih ada beberapa hal lain yang perlu di perhatikan agar PC benar benar dikatakan memiliki spesifikasi Gaming PC.


Berikut adalah Spec PC atau Laptop Gaming :

  • Processor yang tangguh sekelas i7-4700MQ / AMD Quad core A10 5750 M
  • RAM yang besar, min 8 GB atau lebih bahkan ada yang mencapai 16 GB 
  • HD Grafik sekelas NVidia GTX770M dengan kapasitas VRAM min. 2GB
  • Kapasitas penyimpanan HDD 750 GB atau lebih
  • Realtek-HD Stereo Dolbi Sound Card, untuk suara efek suara 3D
  • OS 64 Bit, dengan update Oprating System terbaru
  • Layar monitor dengan system Bluray (HD)

Selain spesifikasi perangkat itu sendiri, ada juga peralatan tambahan yang di perlukan :
  • Gaming Key-Board dan Mouse untuk menambah kenyamanan dalam bermain Game
  • Fan pendingin yang kuat, agar computer tidak kepanasan
  • Peralatan pendukung lain seperti Headphone atau Audio Amplifier dengan system Hi-fi untuk memunculkan suasana yang menantang dari Game yang di mainkan.
Untuk mendapatkan PC atau Laptop dengan spec seperti diatas jangan Tanya berapa duit yang harus di keluarkan. Bahkan menurut survey kami sebuah laptop dengan spec Gaming terbaik yang di launcing pada tahun 2013 lalu mencapai harga lebih dari $2,9xx atau setara dengan IDR 35 juta.

Memang jika sudah menjadi hoby harga berapa pun pasti akan di turuti oleh para Gamer. Jika anda memang gamer sejati, melalui artikel ini kami akan berbagi sedikit tips cara memodifikasi PC menjadi spec gamer. Jika anda memiliki PC standar anda dapat memodifikasinya sendiri.




Komponen tambahan yang perlu ditambahkan atau diganti pada PC anda adalah:
  • VGA Card, biasanya PC standar masih menggunbakan VGA on-Board yang kapasitas dan kemampuanya masih standar untuk home office. Untuk itu anda dapat menambahkan VGA Card Gaming pada PC anda sesuai kemampuan dan selera anda, misal Nvidia GTX670 2GB DDR5 dengan harga Rp 3 jutaan atau ATi HD7850 2GB DDR5 dengan harga Rp 2 jutaan.
  • RAM, Up-grade memori RAM anda dengan kapasitas lebih dari 4 GB agar lancar saat bermain Game, harga yang di tawarkan bervariasi tergantung merk dan kapasitas serta type RAM tersebut. Misalkan RAM dengan kapasitas 2 x 2GB DDR2 akan lebih mahal dari pada 2 x 2GB DDR3 karena DDR2 sudah semakin langka.
  • Mother Board, jika perlu ganti Mother Board PC anda dengan Mo-Bo Gaming dan yang support dengan perangkat terintergrasi lain terbaru, Misalkan Mo-Bo yang support dengan OS 64 Bit, Slot VGA card versi terbaru, Slot RAM DDR terbaru, dan Slot Processor yang banyak didukung, serta perangkat yang lainnya.
  • Processor, jika PC anda masih menggunakan Processor dengan kemampuan yang masih di bilang rendah, maka ganti dengan Processor dengan kemampuan yang lebih tinggi, kalau bisa ganti dengan yang sekelas i7 atau AMD Buldozzer. Usahakan cari processor dengan kemampuan frequency yang tinggi diatas 3 GHz dan L1, L2, dan L3 cache yang besar agar lebih responsive dalam memproses data.
  • Sound Card, perangkat ini juga penting untuk mendukung asiknya bermain Game, jika PC anda masih menggunakan Sound card standart on-Board maka bisa anda upgrade dengan Sound Card terbaru dengan kwalitas suara HD
  • Hardisk, kapasitas Hardisk juga harus di perhatikan, jika PC anda memiliki kapasitas HDD yang kecil, maka ganti HDD anda dengan kapasitas yang lebih besar. Jika memungkinkan ganti HDD anda dengan SSD (Solit Sata Drive) sebab SSD memiliki kecepatan transfer data dan tingkat ke amanan data yang lebih tinggi dari pada HDD, karena SSD tidak menggunakan Cakram seperti HDD.
Sayang nya untuk modifikasi pada Laptop tidak bisa sebanyak pada PC, yang bisa di Upgrade mungkin hanya kapasitas RAM dan HDD saja, karena VGA card, sound card, serta processor sudah ada dalam satu paket Motherboard.

Akan tetapi ada beberapa laptop yang juga bisa ganti Processor, tapi type socket nya terbatas. Maka dari itu bagi pengguna Laptop kami sarankan untuk berpikir-pikir dulu saat mencari laptop gaming, karena jika spec tidak sesuai keinginan sulit untuk mengunpgrade nya.


Mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang Cara mudah Modifikasi PC biasa menjadi Gaming PC yang dapat kami sampaikan, selamat mencoba untuk memodiv PC anda dan semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga tentang > 5 Game Booster Terbaik Untuk Gamer Sejati


Sekian, Terimakasih.